investasi apa yang cocok untuk pemula

Investasi Apa Yang Cocok Untuk Pemula? Ini 5 Pilihannya

Investasi apa yang cocok untuk pemula? Mungkin pertanyaan seperti itu seringkali terlintas bagi yang ingin memulai investasi. Jangan khawatir karena terdapat berbagai pilihan produk investasi yang ideal untuk orang-orang yang baru memulai.

Ada juga beberapa opsi yang aman dan relatif terjamin, jadi tidak perlu khawatir untuk mencobanya. Artikel ini akan membahas investasi yang sesuai bagi pemula serta memberikan tips untuk mencapai kesuksesan. Mari simak bersama.

1. Investasi Emas

Emas dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat cocok bagi pemula. Stabilitas harga emas yang cenderung naik dengan stabil membuatnya jarang mengalami penurunan drastis, seperti yang dijelaskan oleh Money.

Nilai emas sangat menarik. Contohnya, pada tahun 2011, harga emas hanya sekitar Rp400.000 per gram. Harga ini kemudian meningkat menjadi Rp500.000 per gram dan pada awal tahun 2020, mencapai hampir Rp800.000 per gram.

Untuk memulai investasi emas, kamu dapat membeli emas ANTAM melalui berbagai situs jual beli emas. Jika mencari kemudahan, opsi membeli melalui e-commerce juga tersedia.

2. Investasi Reksadana

Investasi apa yang cocok untuk pemula? Yang kedua ada investasi reksadana. Reksadana adalah bentuk investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Manajer ini bertugas menempatkan dana yang diinvestasikan dalam berbagai instrumen, seperti saham, obligasi, dan deposito.

Reksadana dibagi menjadi empat kategori berdasarkan alokasinya, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Setiap jenis memiliki potensi keuntungan dan risiko yang berbeda, sesuai dengan instrumen yang digunakan.

Untuk pemula, reksadana pasar uang adalah pilihan yang baik karena memberikan peluang keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan deposito bank. Selain itu, untuk memulai investasi di reksadana, cukup dengan modal awal sebesar Rp100.000.

3. Investasi Saham

Salah satu opsi investasi yang bisa dipertimbangkan oleh pemula adalah saham. Meskipun saham menawarkan potensi imbal hasil yang tinggi, risiko yang terlibat juga cukup besar.

Bagi yang baru memulai, cobalah untuk bergabung dengan platform virtual stock yang disediakan oleh berbagai aplikasi saham. Ini akan membantu memahami cara kerja saham, serta menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual.

Jika tertarik untuk berinvestasi lebih jauh di saham, pertimbangkan untuk membeli saham blue chip. Saham blue chip adalah saham dari perusahaan dengan kinerja yang stabil dan baik di pasar bursa.

4. Obligasi

Sebenarnya, obligasi juga merupakan pilihan investasi yang ideal untuk pemula. Obligasi adalah instrumen utang dengan jangka waktu menengah hingga panjang yang bisa dipindahtangankan.

Instrumen ini bisa diterbitkan oleh pemerintah, dikenal sebagai Surat Berharga Negara (SBN), atau oleh perusahaan, yang disebut obligasi korporasi.

Dengan membeli obligasi, investor akan menerima imbal hasil atau kupon pada interval tertentu, biasanya setiap 3 atau 6 bulan. Investasi ini relatif aman karena dijamin oleh pemerintah, yang hingga saat ini belum pernah gagal membayar kupon kepada pemegang obligasi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa obligasi memiliki risiko likuiditas karena hanya dapat dicairkan sesuai dengan periode tenor yang ditentukan.

5. Deposito

Deposito bank bisa dianggap sebagai pilihan investasi yang ideal bagi pemula. Investasi ini menawarkan keuntungan lebih dibandingkan dengan menabung biasa, serta memberikan perlindungan terhadap keuntungan yang diperoleh, sehingga peluang untuk meraih keuntungan lebih besar.

Namun, deposito biasanya memerlukan nilai minimum untuk investasi. Sebagian besar bank menetapkan angka sekitar Rp10.000.000 sebagai batas minimal, meskipun ada juga bank yang menerapkan jumlah yang lebih tinggi.

Selain itu, deposito memiliki periode pengambilan yang ditentukan, sehingga tidak bisa diakses kapan saja. Jangka waktu deposito umumnya berkisar antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun.

Jadi investasi apa yang cocok untuk pemula? Jawabannya sudah disebutkan diatas dan setidaknya ada 5 jenis investasi yang cocok untuk pemula. Tentunya bisa dipilih sesuai preferensi masing-masing.