PUASA NISFU SYA’BAN 2021 BERAPA HARI

Salam hangat, Sobat INDONEWSID! Puasa Nisfu Sya’ban merupakan salah satu amalan yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Puasa ini dilaksanakan pada bulan Sya’ban dan jatuh pada tanggal 15 Sya’ban. Namun, apakah Sobat INDONEWSID tahu berapa hari durasi puasa Nisfu Sya’ban di tahun 2021? Yuk, kita simak artikel ini hingga tuntas!

Apa itu Puasa Nisfu Sya’ban?

Puasa Nisfu Sya’ban merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 15 Sya’ban. Puasa ini juga dikenal dengan sebutan puasa pertengahan Sya’ban atau puasa Sya’ban. Di Indonesia, puasa Nisfu Sya’ban seringkali diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat malam, membaca Al-Quran, dan berdoa.

Berapa Lama Durasi Puasa Nisfu Sya’ban di Tahun 2021?

Puasa Nisfu Sya’ban di tahun 2021 jatuh pada tanggal 28 Maret 2021. Durasi puasa Nisfu Sya’ban pada tahun ini adalah 1 hari, seperti biasa. Tidak ada perbedaan durasi puasa Nisfu Sya’ban di tahun 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya.

Apakah Puasa Nisfu Sya’ban Wajib Dilakukan?

Puasa Nisfu Sya’ban termasuk dalam kategori puasa sunnah muakkad atau puasa yang sangat dianjurkan. Namun, puasa ini tidak wajib dilakukan. Oleh karena itu, bagi Sobat INDONEWSID yang tidak melaksanakan puasa Nisfu Sya’ban, tidak akan dikenai sanksi apapun.

Keutamaan Puasa Nisfu Sya’ban

Meski tidak wajib, puasa Nisfu Sya’ban memiliki berbagai keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:- Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.- Dapat membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan.- Menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.- Dapat memperoleh kasih sayang dan rahmat dari Allah SWT.- Mendapatkan pertolongan dari Allah SWT dalam menghadapi berbagai masalah hidup.

Doa dan Amalan yang Dilakukan Saat Puasa Nisfu Sya’ban

Selain berpuasa, terdapat berbagai doa dan amalan yang dapat dilakukan saat puasa Nisfu Sya’ban. Beberapa di antaranya adalah:- Membaca surat Yasin sebanyak 3 kali setelah sholat Isya’.- Melakukan sholat hajat atau sholat tahajud.- Membaca zikir dan doa sesuai dengan hadits-hadits yang shahih.- Mengeluarkan sedekah atau berbuat kebaikan kepada sesama.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Puasa Nisfu Sya’ban

Meski puasa Nisfu Sya’ban tidak diwajibkan, Sobat INDONEWSID tetap harus memperhatikan beberapa hal saat melaksanakan puasa ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:- Tidak boleh melaksanakan puasa pada tanggal selain tanggal 15 Sya’ban.- Tidak boleh berpuasa hanya pada tanggal 14 atau tanggal 16 Sya’ban saja.- Tidak boleh menganggap puasa Nisfu Sya’ban sebagai puasa wajib.- Tetap menjaga kesehatan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagaimana Mendapatkan Manfaat dari Puasa Nisfu Sya’ban?

Untuk mendapatkan manfaat dari puasa Nisfu Sya’ban, Sobat INDONEWSID harus melaksanakan puasa dengan sepenuh hati dan ikhlas. Selain itu, Sobat INDONEWSID juga harus memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT dengan melakukan amalan-amalan yang baik dan benar.

Keutamaan Membaca Surat Yasin saat Puasa Nisfu Sya’ban

Salah satu amalan yang baik dilakukan saat puasa Nisfu Sya’ban adalah membaca surat Yasin sebanyak 3 kali setelah sholat Isya’. Membaca surat Yasin saat puasa Nisfu Sya’ban memiliki beberapa keutamaan, seperti:- Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.- Dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.- Dapat memperoleh keberkahan dalam hidup.

Bagaimana Cara Melaksanakan Puasa Nisfu Sya’ban?

Untuk melaksanakan puasa Nisfu Sya’ban, Sobat INDONEWSID hanya perlu berpuasa pada tanggal 15 Sya’ban. Puasa dapat dilakukan mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Selama berpuasa, Sobat INDONEWSID juga harus menjaga niat dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Nisfu Sya’ban

Ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa Nisfu Sya’ban, seperti:- Makan dan minum secara sengaja.- Melakukan hubungan suami istri pada siang hari.- Terkena haid atau nifas.- Menyentuh kemaluan secara sengaja.

Bagaimana Cara Mengakhiri Puasa Nisfu Sya’ban?

Untuk mengakhiri puasa Nisfu Sya’ban, Sobat INDONEWSID dapat melakukannya dengan cara berbuka puasa seperti biasa. Namun, Sobat INDONEWSID juga dapat melakukan doa khusus untuk mengakhiri puasa Nisfu Sya’ban.

Doa Khusus untuk Mengakhiri Puasa Nisfu Sya’ban

Berikut adalah doa khusus yang dapat dilakukan untuk mengakhiri puasa Nisfu Sya’ban:”Allahumma inni as’aluka bi rahmatika al-lati wasi’at kulla shay’in an taghfira li dhunubi wa taqabbala ta’ati wa tawassal tu bi nabiyyika Muhammadin sallallahu ‘alayhi wa sallama ila rahmatika ya arhamar rahimin.”

Kesimpulan

Puasa Nisfu Sya’ban merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 15 Sya’ban. Puasa ini tidak wajib dilakukan, namun memiliki berbagai keutamaan bagi yang melaksanakannya. Puasa Nisfu Sya’ban di tahun 2021 hanya berlangsung selama 1 hari, yaitu pada tanggal 28 Maret 2021. Untuk mendapatkan manfaat dari puasa Nisfu Sya’ban, Sobat INDONEWSID harus melaksanakan puasa dengan sepenuh hati dan ikhlas serta melakukan amalan-amalan yang baik dan benar. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!