cara investasi emas di pegadaian

Cara Investasi Emas Di Pegadaian dan Keuntungannya

Mau mencoba berinvestasi dalam emas? Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa logam mulia seperti emas batangan adalah pilihan investasi jangka panjang yang menarik. Harga emas biasanya meningkat seiring waktu dan cenderung stabil meski terjadi gejolak ekonomi. Untuk inves emas, salah satu lembaga terpercaya adalah Pegadaian. Cara investasi emas di Pegadaian pun terbilang cukup mudah.

Berinvestasi dalam emas dianggap sebagai salah satu opsi investasi yang paling aman, terutama bagi pemula. Kini, investasi emas melalui pegadaian juga semakin praktis, dengan pilihan yang tersedia baik secara daring maupun luring. Ini merupakan alternatif yang menguntungkan dan memudahkan dalam perencanaan keuangan jangka panjang.

Cara Investasi Emas Di Pegadaian

Di zaman digital yang semakin maju ini, investasi emas melalui pegadaian menawarkan kemudahan yang lebih besar. Kini, proses investasi bisa dilakukan dengan cara yang sangat fleksibel, baik secara daring melalui platform online yang disediakan, maupun dengan cara tradisional secara langsung di kantor pegadaian. Dengan berbagai opsi ini, kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi.

Jika jadwal sehari-hari sangat padat, opsi menabung emas secara daring melalui pegadaian bisa menjadi pilihan yang praktis. Namun, untuk memperoleh informasi yang lebih mendetail dan jelas, mengunjungi langsung kantor cabang pegadaian terdekat juga merupakan alternatif yang baik. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pilihan cara investasi emas di Pegadaian:

1. Secara Offline, Langsung Datang Ke Outlet Pegadaian

Untuk menabung emas di pegadaian secara langsung, kunjungi kantor cabang dengan membawa KTP atau paspor sebagai dokumen pendukung. Di sana, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran guna membuka rekening. Untuk membuka rekening tabungan emas di outlet pegadaian, dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu. Selain itu, biaya penitipan emas untuk satu tahun adalah Rp30 ribu.

Layanan pembukaan rekening tabungan emas juga dapat dilakukan melalui agen pegadaian. Persyaratan dan ketentuan yang berlaku sama seperti di outlet pegadaian, namun biasanya terdapat biaya tambahan yang perlu dibayar.

Jika memilih untuk membuka tabungan di agen pegadaian, selain biaya pembukaan rekening sebesar Rp10 ribu dan biaya penitipan Rp30 ribu, kamu juga perlu membayar biaya transaksi sebesar Rp2.500. Selain itu, tabungan emas pertama yang harus disetorkan adalah Rp57.500.

2. Secara Online, Dengan Menggunakan Aplikasi

Adapun untuk cara yang kedua dalam investasi emas di Pegadaian bisa secara online dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital. Untuk membuka tabungan emas di pegadaian secara online, terdapat dua opsi yang bisa dipilih yakni syariah atau konvensional.

Pendaftaran untuk tabungan emas secara online tentunya dapat dilakukan dengan cara yang lebih fleksibel, karena tidak perlu datang ke outlet. Investor hanya perlu menyiapkan scan foto KTP atau paspor yang jelas sebagai syarat.

Selain itu, investor juga harus mengisi formulir pembukaan rekening, sama seperti yang dilakukan pada pendaftaran secara langsung di outlet atau agen.

Pada pegadaian digital, tidak ada biaya untuk membuka rekening. Jika memilih opsi syariah, biaya penitipan adalah Rp30 ribu, sementara saldo awal untuk tabungan emas yang harus dibayar adalah Rp70 ribu.

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh jika memilih pegadaian sebagai tempat investasi emas. Apa saja keuntungan tersebut?

  • Investasi emas melalui tabungan dapat melindungi nilai aset dari dampak inflasi, memberikan keamanan dan keuntungan yang lebih baik.
  • Bisa memulai dengan jumlah emas yang sangat kecil, mulai dari 0,01 gram.
  • Selain itu, tabungan emas ini menawarkan fleksibilitas, dengan opsi untuk melakukan transaksi secara online maupun offline.
  • Menambah saldo tabungan juga sangat mudah, yang akan langsung tercermin dalam saldo emas di rekening.

Itulah penjelasan cara investasi emas di Pegadaian beserta keuntungannya. Jadi ini bisa menjadi cara investasi yang menarik bagi pemula.